Makin “Jumawa”, Intel Perkenalkan Terobosan Baru Thunderbolt 5 Bandwidthnya Tembus Dua Kali Lipat 

News5 views

Pastinet Dalam gebrakan terbarunya, Intel secara resmi memperkenalkan standar Thunderbolt 5 dengan bandwidth yang mencapai luar biasa 120 Gbps. Angka ini menggandakan prestasi pendahulunya, Thunderbolt 4, yang hanya memiliki bandwidth 40 Gbps.

Lebih Cepat, Lebih Kuat, Lebih Fleksibel

Bandwidth yang mencapai 120 Gbps pada Thunderbolt 5 adalah hasil dari perubahan signifikan pada jalur PCIe. Thunderbolt 5 kini memiliki dua kali lipat lebih banyak jalur dibandingkan Thunderbolt 4. Namun, tak hanya itu, daya yang dapat dihantarkan juga telah ditingkatkan menjadi 240W.

Dalam konfigurasi standarnya, Thunderbolt 5 masih menawarkan bandwidth 80 Gbps, menggunakan dua dari empat jalur PCIe yang tersedia. Ini memanfaatkan teknologi bi-directional, membuatnya dua kali lebih cepat daripada pendahulunya, Thunderbolt 4.

Namun, apa yang membuat Thunderbolt 5 semakin menonjol adalah kemampuannya untuk meningkatkan bandwidth hingga 40Gbps tambahan saat dibutuhkan. Ini terjadi saat Anda menghubungkannya ke perangkat seperti monitor dengan resolusi tinggi. Thunderbolt 5 dapat memanfaatkan tiga dari empat jalur PCIe yang dimilikinya untuk memenuhi kebutuhan bandwidth ekstra ini.

Kehebatannya dalam Dunia Visual

Dengan bandwidth sebesar ini, Thunderbolt 5 secara teoritis mampu mendukung pemakaian tiga monitor 4K/144Hz secara bersamaan. Bahkan, ia juga mampu mendukung monitor dengan refresh rate yang mencapai luar biasa 540Hz, mengubah pengalaman visual menjadi lebih halus dan tajam. 

Sebagai referensi, GSMArena melaporkan bahwa Thunderbolt 5 mampu menjalankan tiga monitor 4K/144Hz secara bersamaan. Ini membuka peluang baru untuk pengguna yang menginginkan pengalaman visual yang penuh warna dan mendetail.

 

thunderbolt 5 intel
image source: gsmarena

 

Daya dan Kemudahan yang Luar Biasa

Tidak hanya berfokus pada bandwidth yang spektakuler, 4, juga memanjakan dengan daya maksimal sebesar 240W. Ini berarti laptop gaming tidak lagi memerlukan port khusus untuk pengisian daya. Anda hanya perlu menghubungkannya melalui port USB-C yang mendukung Thunderbolt 5, dan laptop Anda akan terisi dengan cepat.

Jason Ziller, GM untuk Client Connectivity Division di Intel, berkomentar, “Thunderbolt 5 menyediakan performa yang memimpin industri dan kemampuan untuk menghubungkan komputer ke monitor, docking, storage, dan lainnya”.

Kompatibilitas Luar Biasa

Thunderbolt 5 ini juga mendukung berbagai standar yang sudah ada, seperti USB4 V2, DisplayPort 2.1, dan PCI Express Gen 4. Hal ini memastikan bahwa Thunderbolt 5 dapat berintegrasi dengan berbagai perangkat dan teknologi terkini. Tentu saja, ia juga masih mendukung standar Thunderbolt pendahulunya, menjadikannya kompatibel dengan perangkat yang telah ada.

Thunderbolt 4: Tetap Relevan untuk Kebutuhan Khusus

Penting untuk dicatat bahwa meskipun Intel telah merilis Thunderbolt 5, Thunderbolt 4 tetap relevan. Thunderbolt 5 dirancang khusus untuk keperluan tertentu, seperti pembuatan konten, gaming, atau sistem workstation. Jadi, Thunderbolt 4 akan tetap ada untuk pengguna yang tidak memerlukan bandwidth sebesar itu.

Selain itu, Thunderbolt 5 bukan bagian dari prosesor Intel generasi ke-14. Ia memerlukan chip terpisah yang disebut Barlow Ridge. Intel memperkirakan bahwa perangkat pertama dengan Thunderbolt 5 akan dirilis pada tahun 2024 mendatang.

Intel Pamer Thunderbolt 5, Bandwidth-nya Tembus 120Gbps

Intel telah menjadikan Thunderbolt 5 sebagai bukti nyata inovasinya dalam teknologi koneksi. Dengan bandwidth mencapai 120 Gbps, daya 240W, dan kompatibilitas yang luar biasa, Thunderbolt 5 membawa pengalaman pengguna ke level yang lebih tinggi.